Buruan Perbaharui Firefox Anda, Dan Dapatkan Kecepatannya

Mozilla baru-baru ini meluncurkan pembaruan untuk peramban ( browser ) Firefox. Pembaruan ini ternyata ditujukan untuk meningkatkan kecepatan peramban dan mengurangi konsumsi memori. Versi baru peramban ini yang memiliki nama Firefox 54 mampu membuka batas pemrosesan web yang dilakukan pada satu waktu. Sebelumnya, batas pemrosesan ini berada di angka satu. Kemudian setelah diperbarui, pemrosesan tersebut kini berubah menjadi empat.


Di samping itu, pengguna juga memperbolehkan penggunanya untuk mengatur batas pemrosesan itu sesuai dengan keinginan masing-masing dengan cara memasukkan “about:config” pada kolom address. Melalui cara tersebut, Firefox 54 kini performanya jadi lebih kencang dan mampu memperoleh nilai tertinggi dalam pengujian yang memakai benchmark kecepatan peramban. Nilai benchmark yang didapat oleh Firefox terbaru ini bahkan diketahui sanggup menggungguli Google Chrome dan Apple Safari. Apalagi ketika digunakan untuk membuka 20 tabs dalam waktu yang bersamaan, Firefox kecepatannya masih kencang.

Vice President of Product Firefox, Nick Nguyen menyebutkan jika hal ini adalah perubahan kode terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah Firefox. Peningkatan batas sistem pemrosesan dari satu ke empat memang bisa dikatakan sedikit. Namun hal ini memberikan efek yang lumayan signifikan berkaitan dengan kemampuan peramban untuk menjalankan berbagai proses dalam waktu yang bersamaan serta memangkas konsumsi memori dari penggunaan browser ini. Tim pengembang software Mozilla menyebutkan jika angka empat ini adalah batas paling optimal yang bisa diaplikasikan pada peramban di dalam komputer yang memiliki kapasitas RAM 8 GB.

Selama ini, orang lebih memilih Google Chrome dibandingkan dengan Firefox karena Chrome memang menawarkan proses browsing yang lebih cepat. Lambatnya pemrosesan web melalui Firefox adalah karena peramban ini hanya memakai sistem pemrosesan tunggal untuk membuka tabs yang memiliki ukuran 2,4 Mb. Namun dengan adanya pembaruan ini, pemrosesan yang terjadi ketika web tersebut dibuka bisa ditangani dengan sistem yang lebih banyak. Sebagai hasilnya para pengguna peramban Firefox versi terbaru bisa membuka beberapa tabs sekaligus dengan mudah tanpa harus mengorbankan kecepatannya.

Sumber: begawei.com

Komentar

Entri Populer