Asus Dan Lenovo Akan Pasang Chip Qualcomm

PC desktop dan laptop selama ini selalu mengandalkan prosesor berarsitekur x86, seperti chip bikinan Intel dan AMD. Sementara untuk smartphone, biasanya memakai prosesor berbasis ARM macam chipset seri Snapdragon. Qualcomm selaku empunya Snapdragon rupanya tak puas hanya berkiprah di ranah mobile. Pabrikan itu ingin lini chipset buatannya juga digunakan di produk-produk komputer laptop.


Langkah untuk mencapai tujuan tersebut sudah dimulai. Dalam ajang Computex 2017 di Taiwan pekan lalu, Microsoft dan Qualcomm mengumumkan kemitraan dengan vendor PC Asus, HP, dan  Lenovo untuk membuat produk komputer berbasis Snapdragon 835 yang menjalankan Windows 10.

Perangkat bikinan ketiga vendor itu akan menggunakan platform Snapdragon Mobile PC yang diklaim bakal menghadirkan fitur-fitur ala smartphone seperti konektivitas sepanjang waktu, baterai tahan lama, dan pengoperasian tanpa kipas ke komputer tradisional.

“Model komputer lawas tak lagi ampuh untuk konsumen hari ini. mereka tak mau laptop yang berat dan mesti tercolok ke tembok, dengan bermacam aksesori yang membuat frustrasi,” ujar Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon.

“Platform Snapdragon Mobile PC bakal memungkinkan para pabrikan hardware Windows 10 untuk membuat perangkat generasi berikutnya dari sisi form factor,” imbuh Amon, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Minggu (4/6/2017).

Dibandingkan PC dengan prosesor x86, Qualcomm mengklaim data tahan baterai PC berbasis Snapdragon bakal 50 persen lebih lama.  Komputer pun tak perlu tersambung ke Wi-Fi karena Snapdragon sudah menyediakan model X16 yang mendukung koneksi Gigabit LTE untuk terkoneksi ke jaringan seluler layaknya ponsel.

Kendati sudah menyatakan  komitmen, masih belum diketahui kapan Asus, HP, dan Lenovo bakal mulai menelurkan PC berbasis Snapdragon.

Sumber: tekno.kompas.com ( Oik Yusuf )

Komentar

Entri Populer